Cara Mudah Beternak Burung Lovebird Cepat Bertelur Di Tahun 2018.



Cara Mudah Beternak Burung Lovebird Cepat Bertelur Di Tahun 2018.

Cara beternak  burung lovebird agar cepat bertelur sangatlah mudah tergantung sipeternak,dibutuhkan kesabaran,kejelian dan perawatan ehari-hari.Beternak burung lovebird menjadi salah satu bisnis atau usaha yang sangat menjanjikan,hal ini dikarenakan mengingat banyaknya peminat burung lovebird di pasaran. Selain itu, lovebird juga menjadi salah satu burung yang disukai oleh banyak banyak kalangan.karena bentuknya yang lucu dan warnanya yang menarik.Untuk anda yang ingin beternak burung lovebird tentunya harus mempunyai jiwa hobi burung.Karena sangat berpengaruh bagi burung itu sendiri.
Kami akan berbagi pengalaman yang berminat untuk berternak burung lovebird.Burung lovebird yang peminatnya terus bertambah,dan tidak hanya di kota-kota besar saja yang tertarik untuk memelihara atau beternak burung lovebird, di pedesaan pun mulai banyak yang berminat untuk beternak.
Beternak burung lovebird tidaklah susah,anda cukup belajar dan bertukar pengalaman dengan teman yang sudah sukses beternak lovebird biar anda tau tips-tips dan trik untuk beternak lovebird.Sehingga saat memulai beternak anda sudah siap,bisa mengatasi segala permasalahan dan kebutuhan dari burung lovebird.Kalo sudah tau tips dan triknya anda akan mudah untuk mengembangkanya.Hal yang terpenting untuk beternak lovebird adalah perawatan dan mengatasi gangguan yang terjadi pada lovebird.
Seorang peternak atau disebut juga dengan nama “breedeer” biasanya memiliki trik sendiri-sendiri dalam beternak burung yang sangat menarik ini.Asal asli burung lovebird ini berasal dari benua Afrika burung yang memiliki sifat monogami ini bisa dikembangbiakan dengan cara poligami.Burung lovebird memiliki suara yang sangat berkarakter, terkenal dengan ngekek nya
Cara agar bisa sukses berternak Lovebird, anda harus mengetahui beberapa faktor-faktor penting yang akan mendukung kesuksesan pengembangbiakan burung lovebird.berikut ini adalah cara agar sukses beternak burung lovebird.
Untuk dapat  menghasilkan burung Lovebird yang memiliki suara bagus,seperti kekek yang panjang sebaiknya anda memilih betina yang memiliki suara yang bagus dan keras. Anda juga dapat melatihnya dengan sering memutar suara burung lovebird pada rekaman pada ponsel anda.Namun apabila anda menginginkan warna yang bagus, sebaiknya anda juga mencoba mengawinkan antara satu pejantan dengan beberapa betina. Anda bisa melakukannya dengan metode poligami seperti satu pejantan dikawinkan dengan tiga betina.
1.Memilih Indukan Lovebird harus sehat dan berkualitas
Pilihlah indukan Lovebird dari keturunan yang berkualitas.Kalau indukan berasal dari keturunan yang  berkualitas, maka anakannya nanti juga berkualitas.
2.Memilih jenis Kelamin Burung  Lovebird
Untuk pemula yang akan beternak lovebird biasanya sangat sulit untuk membedakan burung lovebird  mana yang jantan dan betina, bahkan seorang profesional pun terkadang masih bisa salah.Sekarang tidak perlu kwatir lagi karena saya akan beri tahu bagaimana ciri dari  kelamin betina.
  • Memiliki ukuran yang lebih besar daripada pejantan. Meski demikian, biasanya ukuran kepala betina sedikit lebih kecil.
  • Memiliki tulang panggul yang lebih lebar karena akan digunakan untuk bertelur.
  • Jangan tertipu dengan Lovebird yang berpasangan. Terkadang Lovebird jantan bisa berpasangan dengan pejantan lainnya. Begitu juga sebaliknya. Dengan kata lain, ada banyakLovebird yang berpasangan sesama jenis.
  • Bentuk tubuh dari Lovebird betina biasanya lebih bulat dan terasa berisi.
  • Betina juga biasanya memiliki suara kekek yang lebih panjang.

3.Usia produktif
Burung  Lovebird pejantan siap untuk dikawinkan pada usia 8 bulan. Sedangkan untuk betina siap untuk dikawinkan pada usia 1 tahun.Biasanya pertama kali bertelur tidak menetas dan jumlah telur sedikit biasanya hanya 3 telur.Hal ini disebabkan burung belum beradaptasi dengan lingkungan.
4.Sangkar lovebird
Sepasang Burung lovebird biasanya  akan lebih mudah dikembangbiakan.Dibandingkan apabila dikumpulkan dalam jumlah yang banyak didalam 1 kandang.Dengan demikian peternak bisa membuat kandang yang ukuranya kurang lebih antara 50 X 50 X  50cm. Kemudian sediakan  tempat untuk bertelur(kotak pesagi) yang berukuran 20 X 20 X 20cm.Dan sediakan dedaunan seperti daun cemara kering,kulit jagung yang kering,dan tambahkan serbuk gergaji untuk menyerap setiap kotoran atau sesuatu yang lembab dan jangan lupa kasih tempat untuk bertengger.anda bisa menambahkan kayu kas(kayu lunak).

5.Mengawinkan burung lovebird

Setelah Burung lovebird betina sudah berusia 1 tahun dan pejantan berusia 8 bulan,lovebird siap untuk dikawinkan,cara untuk mengawinkan adalah tempatkan kedua burung lovebird dalam satu kandang dan biasanya burung akan mengalami proses perkawinan,dan kemudian hasilnyakita bisa lihat antara 3 sampai 10 hari setelah perkawinan terjadi.Sedangkan waktu pengengkraman(inkubasi) berlangsung antara 22 sampai 25 hari.

6.Makanan Anak Burung lovebird

Setelah mengalami penetasan anda bisa mengasih makanan pada anak burung lovebird.Ada banyak jenis makanan untuk anak burung lovebird yang bisa anda beli ditoko burung dan anda juga bisa mengasih makanan dengan bubur bayi  seperti  bubur SUN.Berikan juga multivitamin untuk menjaga kesehatan burung  seperti  OrBird (vitamin untuk burung kicau).cara memberi makan bubur dikasih sedikit air hangat jangan terlalu encer,lalu dimasukkan dengan bantuan suntikan.ujungnya dapat dikasih pentil agar gampang dimasukkan didalam mulut burung.
7.Menentukan Tujuan Breeding
Untuk dapat  menghasilkan burung Lovebird yang memiliki suara bagus,seperti kekek yang panjang sebaiknya anda memilih betina yang memiliki suara yang bagus dan keras. Anda juga dapat melatihnya dengan sering memutar suara burung lovebird pada rekaman pada ponsel anda.Namun apabila anda menginginkan warna yang bagus, sebaiknya anda juga mencoba mengawinkan antara satu pejantan dengan beberapa betina. Anda bisa melakukannya dengan metode poligami seperti satu pejantan dikawinkan dengan tiga betina.
Demikianlah artikel tentang bagaimana cara beternak burung lovebird dengan mudah dan dapat untuk usaha sampingan dengan hasil yang menggiurkan.Dan hal yang terpenting khususnya anda para pemula mungkin masih sedikit pengalaman dalam mengembang - biakkan burung lovebird.Untuk itu gunakanlah waktu senggang anda untuk bermain ditempat orang yang sudah berpengalaman dalam menagkarkan burung ini.Saling share antar peternak memang sangat penting dan sangat bermanfaat.Salam sukses saya “Ucraes”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Cara Mudah Ternak Lovebird dan Cepat Bertelur Untuk Pemula

Cara Mudah Ternak Kacer Sekaligus Menjinakan Kacer

Cara Merawat Ayam Bangkok Sang JAWARA