Cara Merawat Ayam Bangkok Sang JAWARA




Cara Merawat Ayam Bangkok Sang JAWARA 
Bagaimana Cara Merawat Ayam Bangkok aduan .Untuk merawat dan melatih ayam bangkok, harus kita pahami dulu prinsip dasar dan tujuan melatih atau merawat ayam aduan.
Perawatan dan latihan tujuannya utk meningkatkan kualitas Otot, Stamina dan Tenaga.
Disaat ayam kinerjanya turun, kita harus bisa memahami apa yg kurang. Apakah otot, stamina, tenaga, atau gabungan dari 2 atau 3 faktor tsb.

Mengetahui Stamina Ayam Aduan :

Ayam mempunyai daya tahan tubuh utk bekerja dalam durasi yang maksimal (endurance). Dalam bahasa per-ayaman lebih dikenali dengan istilah ‘napas’.
Ciri ayam kurang stamina :
  • Napas ayam yg ngap2an meski sudah diairi dgn betul.
  • Bagian dada membengkak agak keras.
Stamina bisa ditingkatkan hanya dengan latihan yang rutin setiap hari.Untuk latihan sendiri bisa dilakukan dengan cara Kliter, renang, umbar, gebrak bungkus patuk, jantur, dan masih banyak latihan lainya.
Semakin sering ayam dilatih, maka semakin terbiasa bekerja keras (stamina yang bagus).
Anda juga dapat menggunakan sistim latihan lain seperti kandang lompat , sprint dan gebrak  dan tidak memakai cara renang karena latihan menggunakan cara metode renang dapat merusak bulu sayap.Hal ini sangat berpengaruh pada pukulan ayam tersebut.
Untuk cara melatih ayam bangkok menggunakan kandang lompat ini sangat mudah,caranya tinggal membuat persegi atau lingkaran dinding yang rapat dengan menggunakan triplek atau papan , dengan ukuran kira 21m dengan tinggi 1 meter ,
Mengenai cara melatih ayam aduan dan merawat ayam aduan memiliki resep masing2. Semua benar. Yang penting kita harus tau prinsip-prinsip dasarnya.Seperti energi yang mampu membuat otot bekerja.

Ciri-ciri Ayam Aduan kurang Bertenaga Antara Lain:

  • Power pukulan tidak maksimal.
  • Kaki terlihat berat memukul.
  • Kuda-kuda lemah.
  • Sayap lemas turun kebawah.
Untuk latihan sendiri harus diperhatikan dengan kondisi ayam aduan jangan terlalu memaksakan saat melatih ayam aduan.Kebanyakan banyak yang salah bahwa tenaga disebabkan karena latihan berlebihan,terlalu banyak latihan. Padahal, dengan latihan tenaga akan terkuras dan ayam lelah. Semakin dipaksa, ayam akan semakin terkuras tenaganya.Dan saat bertarung ayam tidak punya stamina lagi.Akibatnya fatal pada ayam.
Jadi kalau ayam kita kurang tenaga, sebaiknya jangan digebrak dulu.
Tenaga bisa didapat dari Makanan yg bergizi, suplement atau jamu dan istirahat yg cukup.
Pakan sumber energi atau tenaga yang banyak mengandung karbohidrat dan glukosa.
Ciri-ciri ayam belum berotot :
Jaringan dalam tubuh yang bertugas membuat kontraksi untuk menggerakan anggota tubuh.
  • Pukulan ngawur tidak teratur tidak tepat pada sasaran.
  • Langkah lemas terseok-seok.
  • Sayap gemetar lunglai.
Cara Merawat ayam aduan , Stamina dan tenaga bisa dikejar dengan latihan dan rawatan yg maksimal (campur tangan manusia). Tetapi pertumbuhan otot berlangsung secara alami.
Itulah sebabnya, ayam muda akan kalah berotot dibandingkan ayam yg sudah berumur. Ayam tumbuh besar sampai dengan usia 10 bulan. Sebelum usia 10 bulan, otot tidak berkembang maksimal.Hal ini dikarenakan kurang asupan makanan difokuskan untuk pertumbuhan tubuh secara umum.
Ayam yang dipaksakan pertumbuhanya sebelum usia ,akan terlihat kerdil karena tidak tumbuh secara normal.
Kita harus melakukan fisik pada ayam muda adalah melatih dan membentuk ototnya secara bertahap sesuai usianya.Untuk memaksimalkan pertumbuhan otot, ayam harus dilatih seperti halnya membentuk stamina. Selain itu ayam harus diberi asupan protein untuk bahan pembentukan ototnya.
Cara Merawat Ayam Bangkok Mudah-mudahan dari uraian ini bisa jadi panduan apa yg harus kita lakukan ketika kinerja ayam kita kurang maksimal.
Sebagai contoh, ayam yg terus menerus dilatih, pasti akan kekurangan tenaga ketika diadu. Untuk itu, setelah dilatih, ayam harus diberi makan, suplement atau vitamin dan istirahat yg cukup untuk memulihkan tenaganya. Jangan lupa diberi extra food tinggi protein supaya otot bisa berkembang maksimal.
Sekedar info, salah satu hobiis, peternak terbesar di Thailand dan produsen pakan ayam terbesar di dunia (Charoen Pokphan) memakai voer 594 utk ayam rawatan dan aduannya.
Tentunya ditambah dgn extra food lain macam tomat, pisang dan protein (telur) utk rawatan yg lebih intensif.
Hal yang terpenting untuk merawat ayam bangkok,adalah makanan apapun harus mengandung unsur gizi. Karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan serat harus terpenuhi.
Kemudian, asupan makanan dan kegiatan ayam (latihan) harus seimbang.
Bila latihan terlalu banyak dan makan kurang, maka ayam jadi loyo dan kurus.
Sebaliknya, bila latihan minim sementara makannya banyak, ayam jadi kegemukan.
Kalau menjelang abar, lebih baik diberi pakan yg langsung memberikan energi instant macam karbohidrat dan glukosa. Dalam hal ini bisa kasih nasi, gula merah, dll.
Super power termasuk suplement. Boleh juga diberikan bersamaan dengan nasi.
Cara Merawat Ayam Bangkok dengan memberi Protein (kuning telur) juga memberikan energi. Tapi masalahnya proses perubahan dari protein menjadi energi siap pakai berlangsung agak lama (sedikit demi sedikit). Jadi protein lebih bagus untuk memberikan energi untuk satu hari penuh.
Putih dan kuning telur sama-sama mengandung protein yg tinggi.
Bedanya, kuning telur mengandung lemak yang cukup banyak.
Para olahragawan lebih memilih untu k konsumsi putih telurnya saja. Krn kuning telur berpotensi membuat kegemukan.
Demikian juga dengan ayam. Kalau badan sudah jadi, lebih baik diberi putih telur saja (tanpa kuning).
Untuk ayam 1/2 jadi, boleh kasih keduanya.
Untuk pemberian, bisa bermacam-macam.Boleh mentah, 1/2 matang atau matang sempurna
Tapi hati2 dgn telur mentah dan setengah matang. Bakteri salmonela bisa hidup dalam telur. Pemberian telur matang sepertinya lebih aman.
Cara Merawat Ayam Bangkok Sebelum usia 10 bulan, silakan ayam dilatih, tapi sesuai porsi.
Ayam tetap digebrak. Hal yang terpenting jangan sampai melebihi takaran kapasitas kemampuannya.
Misalnya terpukul berat, terlalu di forsir, gebrak hancur-hancuran.
Bila ini terjadi, ayam akan membutuhkan waktu pemulihan yg lama sehingga proses pertumbuhannya terganggu.
Demikianlah artikel saya tentang bagaimana cara merawat ayam bangkok dengan mudah dan dapat untuk ayam aduan dengan hasil yang bagus.Dan hal yang terpenting khususnya anda para penghobi ayam bangkok mungkin masih sedikit pengalaman dalam merawat ayam bangkok.Untuk itu gunakanlah waktu senggang anda untuk bermain ditempat orang yang sudah berpengalaman dalam merawat ayam bangkok ini.Saling share antar penghobi ayam bangkok memang sangat penting dan sangat bermanfaat.Salam sukses saya “Ucraes”


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Cara Mudah Ternak Lovebird dan Cepat Bertelur Untuk Pemula

Cara Mudah Ternak Kacer Sekaligus Menjinakan Kacer