Cara Ternak Burung Lovebird Agar Cepat Bertelur



Cara Ternak Burung Lovebird Agar Cepat Bertelur
Beberapa cara ternak burung lovebird agar cepat bertelur.Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman mengupas semua bagaimana yang benar cara ternak lovebird agar cepat bertelur. Salah satu hal yang ditunggu-tunggu bagi peternak lovebird yang masih pemula adalah lovebirdnya cepat bertelur dan dapat menetas. Burung lovebird burung yang mudah diternakan.Asli burung lovebird berasal dari Negara Afrika tetapi burung ini dapat menyesuaikan diri dengan iklim yang dipunyai Indonesia yaitu iklim tropis.
Agar burung lovebird yang kita ternak cepat bertelur, kita harus pastikan lovebird yang kita miliki berjenis kelamin jantan dan betina. Karena burung lovebird sangat sulit kita untuk membedakan mana yang betina dan mana yang jantan.Jika lovebird kita adalah hasil jodohan secara koloni, bisa dipastikan lovebirdnya sepasang.Anda juga dapat membaca keuntungan ternak lovebird secara koloni.Jadi agar burung lovebird cepat bertelur adalah mau kawin. Supaya lovebird mau kawin, birahi sepasang lovebird harus memberikan treatment yang bertujuan untuk meningkatkan birahi lovebird.
Cara treatment tersebut adalah dengan memberikan pakan yang bisa meningkatkan birahi lovebird. Beberapa contoh pakan yang bisa meningkatkan birahi lovebird adalah sayuran kangkung, tauge, dan kwaci (biji bunga matahari). Para master ternak lovebird kebanyakan menggunakan kangkung agar birahi lovebird bisa cepat naik.
Kangkung diberikan 2 kali sehari dan sisa kangkung sebaiknya dibuang saja.kangkung diganti agar lebih segar. Selama saya beternak lovebird, pemberian kangkung setiap 2 hari ditambah dengan kwaci yang dicampurkan dengan milet putih.
Air minum lovebird di dalam kandang setiap hari harus diganti. Air minum juga dengan air matang agar lovebird tetap sehat. Kandang juga harus bersih agar lovebird betah dan terhindar dari penyakit. Setiap lima hari atau seminggu sekali kandang dibersihkan.

Berikut langkah-langkah beternak burung lovebird untuk pemula

1. Indukan Lovebird harus sehat dan berkualitas
Pilihlah indukan Lovebird dari keturunan yang berkualitas. Biasanya, kalau indukan berasal dari keturunan yang sehat dan berkualitas, maka anakannya nanti juga berkualitas. Setelah itu, Anda bisa memilih indukan Lovebird dari sisi suara ataupun warna bulu, tergantung Anda mau beternak Lovebird untuk kontes suara burung atau kontes kecantikan warna Lovebird.
2. Usia Lovebird siap kawin
Lovebird yang siap dikawinkan biasanya berusia minimal 7 sampai 8 bulan. Jangan lupa, Anda juga harus memilih indukan Lovebird jantan yang lebih tua dari betina. Tujuanya agar indukan jantan bisa lebih mendominasi pada saat melakukan proses kawin.
3. Pembuatan kandang ternak Lovebird
Kandang untuk beternak Lovebird menyesuaikan jumlah Lovebird yang akan Anda silangkan. Jika jumlah Lovebird sedikit atau hanya sepasang indukan Lovebird saja, maka buatlah kandang Lovebird dengan ukuran 50 x 100 x 50 cm. Kalau jumlah indukan banyak, buatlah kandang Lovebird yang lebih besar dan bersekat-sekat.
4. Glodok tempat bertelur Lovebird
Lovebird membutuhkan tempat bertelur atau tempat mengerami telur yang dinamakan glodok. Glodok sendiri terbuat dari kayu yang keras biar tidak mudah digrogoti oleh lovebird,glodok berukuran 20 x 20 x 25 cm dan biasanya berbentuk kotak persegi. Agar Lovebird nyaman, di sekitar glodok sediakan kayu yang sudah diserut, ranting kecil, atau dedaunan seperti cemara untuk tempat membuat sarang. Dan biarkan lovebird yang membuat sarang sendiri.
5. Mengetahui jenis kelamin Lovebird
Mengetahui jenis kelamin Lovebird dan memastikan Lovebird yang Anda kawinkan memiliki kelamin yang berbeda. Pasalnya, Lovebird yang terlihat berpasangan belum tentu mempunyai kelamin yang berbeda. Terkadang, Lovebird jantan bisa berpasangan dengan pejantan lainnya. Begitu juga sebaliknya.Jadi berhati-hatilah saat membeli lovebird untuk dijadikan indukan,ajaklah temen yang bisa dipercaya untuk memilihkan kelamin jantan atau betina burung lovebird.Berikut mengetahui ciri jenis lovebird
  • Memiliki tulang panggul yang lebih lebar karena akan digunakan untuk bertelur.
  • Bentuk tubuh dari Lovebird betina biasanya lebih bulat dan terasa berisi.
  • Betina juga biasanya memiliki suara kekek yang lebih panjang.
  • Memiliki ukuran yang lebih besar daripada pejantan. Meski demikian, biasanya ukuran kepala betina sedikit lebih kecil.
6. Menyiapkan makanan agar Lovebird cepat bertelur
Agar Lovebird cepat bertelur, coba tingkatkan gizi pada makanan harian Lovebird, seperti pemberian milet, biji sawi, Kenari seed, jewawut, jagung muda, kangkung, tauge, kwaci, tulang sotong, dan lain-lain berikan 2 atau 3 hari sekali untuk kangkung dan tauge ganti bila sudah 2 hari.

Cara Untuk mengawinkan Lovebird jantan dan betina

Kalau sudah mengetahui dasar-dasar bagaimana beternak Lovebird, sekarang saatnya Anda mengawinkanya. Anda cukup memasukkan Lovebird yang sudah dipastikan jantan dan betina ke dalam kandang ternak jangan kasih glodok dulu tunggu sampai kedua indukan lovebird birahi baru kita kasih glodok tempat bertelur.Lalu, tunggu beberapa hari, sekitar 4 hari hingga 10 hari untuk melihat apakah Lovebird sudah bertelur atau belum.agar indukan cepat bertelur sering-seringlah untuk menenggar memandikan setelah bertelur.
1.Lovebird bertelur
Jika lovebird memang sudah berjodoh dan sudah umur, biasanya Lovebird betina langsung bertelur (sekitar 3 sampai 4 butir). Namun, tidak semua indukan mau mengerami telur.Hal ini yang menyebabkan telur tidak menetas. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa menaruh telur tersebut ke indukan lain yang sedang bertelur dan yang sudah mau mengerami.
2.Telur Lovebird menetas
Saat telur Lovebird menetas biar dilakukan oleh induknya. Anda tunggu saja sampai anakan Lovebird umur 2 sampai 3 minggu anda baru mengambil,berikan penghangat seperti balon 5 wat.Hal ini dilakukan agar indukan cepat kawin lagi dan bertelur lagi. Setelah itu, Anda dapat melolohkan makanan ke Lovebird. Nah, kapan tepatnya Anda boleh meloloh Lovebird atau memisahkan anakan Lovebird dengan indukan?
3.Meloloh anakan Lovebird
Untuk meloloh anakan Lovebird, sebaiknya Anda menggunakan alat suntikan.Suntikannya pun harus aman. Jarum suntik dilepas dulu, kemudian diganti dengan selang elastis seperti karet pentil.lakukan 2jam sekali agar lovebird kondisi tetap terjaga.

Demikianlah cara mudah beternak burung lovebird agar cepat bertelur semoga artikel ini sedikit membantu anda dalam bisnis ternak burung lovebird dan yang harus anda ketahui anda harus banyak belajar dari teman anda.Hal yang terpenting adalah gunakan waktu senggang anda untuk bermain atau berbagi pengalaman sama teman yang juga beternak burung lovebird.Salam sukses dari saya “Ucraes”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Cara Mudah Ternak Lovebird dan Cepat Bertelur Untuk Pemula

Cara Mudah Ternak Kacer Sekaligus Menjinakan Kacer

Cara Merawat Ayam Bangkok Sang JAWARA