Sukses Di Tahun 2018 Dengan Beternak Lovebird



Sukses Di Tahun 2018 Dengan Beternak Lovebird
Di tahun 2018 ini sangat banyak orang yang sukses dengan beternak burung lovebird.Dan kami akan mengupas semua untuk anda bagaimana cara ternak burung lovebird yang sukses.Dan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman.Salah satu hal yang ditunggu-tunggu bagi peternak lovebird yang masih pemula adalah lovebirdnya ingin cepat bertelur dan dapat menetas. Burung lovebird burung yang mudah untuk diternakan. Beternak burung lovebird sangat cocok dijadikan usaha sampingan dan hasilnya juga dapat memuaskan bagi peternak,hal ini dikarenakan karna pakan burung lovebird sangat murah dan tidak menggunakan perawatan yang khusus.
Berikut ini bagaimana cara beternak burung lovebird agar sukses tentunya agar cepat bertelur.Anda cukup mencari teman yang sudah berpengalaman memelihara Lovebird. Dengan begitu, anda akan lebih paham sekali ternak anda akan mendapat hasilnya. Anda hanya juga cukup mengelola bagian kebutuhan harian dalam hal pengeluaran dan pemasukan.Nah sekarang kita akan mempelajari bagaimana cara beternak yang benar dan sukses ditahun kedepanya.

Cara dasar beternak burung lovebird

1).Pemilihan induk lovebird yang berkwalitas

Pertama kita pilih indukan Lovebird dari keturunan yang berkualitas tentunya sehat dan tidak cacat. Biasanya, kalau indukan berasal dari keturunan yang sehat dan berkualitas, maka anakannya nanti juga berkualitas. Setelah itu, Anda bisa juga memilih indukan Lovebird dari sisi suara ataupun warna bulu, tergantung Anda mau beternak Lovebird untuk kontes suara burung atau kontes kecantikan warna Lovebird.Tetapi untuk biar cepat menghasilkan puluhan juta adalah dari segi warna.

2). Untuk usia Lovebird siap kawin

Usia Lovebird yang siap dikawinkan biasanya berusia minimal 7 sampai 8 bulan, dan betina biasanya umur 7 bulan sudah siap dijadikan indukan. Dan untuk indukan yang jantan usahakan lebih tua dari indukan betina.Hal ini dikarenakan anakan yang dihasilkan berkwalitas baik.

3). Kandang ternak Lovebird

Kandang atau sangkar untuk beternak Lovebird dapat menyesuaikan jumlah Lovebird yang akan Anda silangkan. Jika jumlah Lovebird sedikit atau hanya sepasang indukan Lovebird saja, maka buatlah kandang Lovebird dengan ukuran 50 x 100 x 50 cm. Kalau jumlah indukan banyak, buatlah kandang Lovebird yang lebih besar dan bersekat-sekat.Tetapi lebih baik satu kandang satu jodoh lovebird.

4). Sangkar untuk bertelur Lovebird

Lovebird membutuhkan tempat bertelur atau tempat mengerami telur yang dinamakan glodok. Glodok sendiri terbuat dari kayu yang keras agar tidak mudah digrogoti lovebird karna paruh lovebird sangat kuat,buat berukuran 20 x 20 x 25 cm dan biasanya berbentuk kotak persegi. Agar Lovebird dapat nyaman saat mengerami,disekitar glodok sediakan kayu yang sudah diserut, daun cemara yang kering, atau kulit jagung untuk membuat sarang.Dan biarkan indukan yang membuat sarang sendiri.

5).Mengetahui  jenis kelamin lovebird

Anda harus mengetahui jenis kelamin Lovebird dan memastikan Lovebird yang Anda kawinkan memiliki kelamin yang berbeda. Pasalnya, Lovebird yang terlihat berpasangan belum tentu mempunyai kelamin yang berbeda. Terkadang, Lovebird jantan bisa berpasangan dengan pejantan lainnya. Untuk pemula yang akan beternak lovebird biasanya sangat sulit untuk membedakan burung lovebird  mana yang jantan dan betina, bahkan seorang profesional pun terkadang masih
bisa salah.Sekarang tidak perlu kwatir lagi karena saya akan beri tahu bagaimana ciri dari  kelamin betina.
  1. Memiliki ukuran yang lebih besar daripada pejantan. Meski demikian, biasanya ukuran kepala betina sedikit lebih kecil.
  2. Bentuk tubuh dari Lovebird betina biasanya lebih bulat dan terasa berisi.
  3. Betina juga biasanya memiliki suara kekek yang lebih panjang.
  4. Memiliki tulang panggul yang lebih lebar karena akan digunakan untuk bertelur.

6). Menyiapkan pakan agar Lovebird cepat bertelur

Agar Lovebird cepat bertelur, coba tingkatkan gizi pada makanan harian Lovebird, seperti pemberian milet, biji sawi, Kenari seed, jewawut, jagung muda, kangkung, tauge, kwaci, tulang sotong, dan lain-lain.Ganti tempat air minum setiap hari,pembersihan kandang juga sangat penting lakukan seminggu  sekali,karena sangat penting bagi lovebird untuk mencegah timbulnya hama penyakit.

7).Untuk mengawinkan Lovebird

Untuk mengawinkan burung lovebird sangat mudah.Bagaimana caranya? Anda cukup memasukkan Lovebird yang sudah dipastikan jantan dan betina dan tentunya sudah umur lalu masukan ke dalam kandang atau sangkar. Lalu, tunggu beberapa hari, sekitar seminggu sampai 2 minggu untuk melihat apakah Lovebird sudah bertelur atau belum.

8).Lovebird bertelur

Jika memang lovebird berjodoh, biasanya Lovebird betina langsung bertelur (sekitar 3 butir). Namun, tidak semua indukan mau mengerami telur. Ini yang menyebabkan telur tidak menetas. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa menaruh telur ke sarang lovebird lain yang juga bertelur yang sudah mau mengerami telur.Dapat juga dengan cara hanya mendekatkan sarangnya :
Apakah ini efektif? Ya, soalnya suara erangan Lovebird betina yang sedang mengerami telur dapat memancing Lovebird yang lain untuk mengikutinya juga. Tapi ingat, Lovebird cuma didekatkan saja sangkarnya jangan dimasukkan dalam satu sangkar yang sama.
Lovebird yang sudah mau mengerami telur akan mengerami telur hingga 18-23 hari. Sebaiknya pada saat pengeraman, indukan Lovebird jantan dipisah dulu. Tujuannya agar Lovebird jantan tidak mengganggu Lovebird betina. Saat pemisahan ini, Anda juga bisa langsung menjodohkan indukan Lovebird jantan dengan indukan Lovebird betina yang lain.
Selain itu, selalu berikan makanan bergizi pada Lovebird saat proses pengeraman telur. Pakan Lovebird yang baik bisa berupa pelet ayam dicampur dengan bubur bayi. Anda juga harus memastikan bahwa Lovebird betina dalam keadaan vit, tapi jangan terlalu sering diintip karena mitosnya dapat membuat telur Lovebird tidak menetas.
Perlu Anda ketahui lagi, Lovebird yang pertama kali bertelur, sebagian besar telurnya tidak menetas. Ini wajar karena Lovebird mungkin belum siap kawin dan mungkin karena beberapa faktor lain, di antaranya usia belum mapan, faktor lingkungan, serta faktor pakan. Namun, Anda tak perlu khawatir karena pada produksi kedua, biasanya telur akan menetas. Nah, telur pertama Lovebird yang tidak menetas tadi sering dinamakan telur dara.

9).Saat telur Lovebird menetas

Saat telur Lovebird menetas biar dilakukan oleh indukan. Anda tunggu saja sampai anakan Lovebird keluar dari sarang atau anda bisa mengambil anakan saat umur 2 sampai 3 minggu,agar nantinya indukan cepat kawin lagi. Setelah itu, Anda dapat melolohkan makanan ke anakan Lovebird. Nah, kapan tepatnya Anda boleh meloloh Lovebird atau memisahkan anakan Lovebird dengan indukan?
berikan lampu 5 watt sebagai penghangat tubuhnya.

10).Cara meloloh anakan lovebird

Cara untuk meloloh anakan Lovebird, sebaiknya Anda menggunakan suntikan yang besar agar Lovebird tidak tersedak. Suntikannya pun harus aman. Jarum suntik dilepas dulu, kemudian diganti dengan selang elastis seperti karet pentil jangan terlalu panjang atau terlalu pendek agar memudahkan anda untuk meloloh.
Jenis makanannya : Menu makanan Lovebird bisa berupa makanan bayi yang telah diseduh dengan air hangat dan makanan bergizi lain yang lembut-lembut saeperti bubur kacang ijo.
Anda dapat meloloh anakan Lovebird berkisar 2 jam atau 4 jam sekali tinggal melihat umurnya. Lakukan hal ini setiap hari sampai anakan Lovebird bisa makan sendiri. Jika Anda ingin anakan Lovebird cepat jinak dan bisa diajak bermain, maka berikan perhatian ekstra, panggil namanya, serta ajaklah bermain di luar sangkar sambil belajar terbang.Kalau anda pengen lovebird untuk lomba berikan master suara bisa dari ponsel anda.
Demikianlah artikel saya tentang bagaimana cara beternak burung lovebird dengan sukses dan mudah, dan dapat untuk dijadikan usaha sampingan dengan hasil yang menggiurkan.Hal yang terpenting khususnya anda para pemula mungkin masih sedikit pengalaman dalam mengembang - biakkan burung lovebird.Untuk itu gunakanlah waktu senggang anda untuk bermain ditempat orang yang sudah berpengalaman dalam menagkarkan burung ini.Saling share antar peternak memang sangat penting dan sangat bermanfaat.Salam sukses saya “Ucraes”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Cara Mudah Ternak Lovebird dan Cepat Bertelur Untuk Pemula

Cara Mudah Ternak Kacer Sekaligus Menjinakan Kacer

Cara Merawat Ayam Bangkok Sang JAWARA