Sukses Dengan Beternak Lovebird Dengan Hasil Puluhan Juta



Sukses Dengan Beternak Lovebird Dengan Hasil Puluhan Juta
Akhir-akhir ini banyak yang sukses dengan beternak lovebird.Peternak burung lovebird memang menjadi salah satu hobi yang bagi sebagian orang sangat mengasikkan. Karena selain dijadikan sebagai sebuah hobi, ternak lovebird ini juga bisa dijadikan sebagai lahan penghasilan sampai puluhan juta per bulan.
Jaman sekarang banyak penghobi burung untuk dijadikan usaha sampingan dengan membudidayakan burung yang dipeliharanya.Hal ini dikarenakan peminat burung lovebird semakin meningkat dan permintaan pasar semakin meroket.Bahkan didesa-desapun sekarang banyak ditemukan peternak burung yang satu ini.Disamping harganya semakin mahal dan mudah dibudidayakan. Nah kali ini saya akan membahas semua cara beternak lovebird kepada anda dan bagaimana bisa sukses beternak lovebird ini dan mampu menghasilkan puluhan juta perbulan.
Sukses Beternak Burung Lovebird
Jadi, mereka berhasil membudidayakan berbagai jenis burung lovebird, kebanyakan merupakan lovebird untuk lomba. Berikut ini daftar lovebird yang berhasil mereka ternak :
  • Lovebird blorok
  • Lovebird kepala emas
  • Lovebird hijau kepala merah
  • Lovebird hijau dakocan
  • Lovebird biru dakocan
  • Lovebird lotino
  • Loevbird pastel
  • Lovebird hitam panda hingga seekor burung berwarna unik yakni belang
Kesuksesan membudidayakan lovebird tersebut tidak terlepas dari keuletan,kedisiplinan,ketelatenan,dan yang terpenting keniatan yang bulat.Dalam hal merawat, pemberian makan, extra fooding dan air minum juga harus diperhatikan. Memandikan dan menjemur juga menjadi agenda wajib bagi setiap lovebird yang ternakkan.
kebanyakan burung yang harga mahal adalah warnanya yang unik dan langka.
Burung lovebird ternyata sekarang banyak ditemukan dipasar burung  hal ini dikarenakan burung ini sangat laris.Kebanyakan untuk dibudidayakan.

Langkah-langkah cara beternak burung lovebird

1).Memilih Indukan Lovebird Harus Sehat dan Berkualitas
Pilihlah indukan Lovebird dari keturunan yang berkualitas.Kalau indukan berasal dari keturunan yang  berkualitas, maka anakannya nanti juga berkualitas.
2).Pilih Usia Lovebird Siap Kawin
Lovebird yang siap dikawinkan biasanya berusia minimal 1 tahun. Anda juga harus memilih indukan Lovebird jantan yang lebih tua da  ri betina. Hal ini ditujukan agar indukan jantan bisa lebih mendominasi pada saat melakukan proses kawin.
3).Tempat Bertelur Lovebird
Tempat bertelur atau tempat mengerami telur yang dinamakan glodok. Glodok sendiri terbuat dari kayu yang keras berukuran 20 x 20 x 25 cm dan biasanya berbentuk kotak persegi. Agar Lovebird nyaman, di sekitar glodok sediakandaun cemara atau kulit jagung yang sudah kering, untuk tempat membuat sarang.
4).Pembuatan Kandang Ternak Lovebird
Kandang untuk beternak Lovebird menyesuaikan jumlah Lovebird yang akan Anda silangkan. Jika jumlah Lovebird sedikit atau hanya sepasang indukan Lovebird saja, maka buatlah kandang Lovebird dengan ukuran 50 x 100 x 50 cm.
5).Mengetahui Jenis Kelamin Lovebird
Anda harus mengetahui jenis kelamin Lovebird dan memastikan Lovebird yang Anda kawinkan memiliki kelamin yang berbeda. Pasalnya, Lovebird yang terlihat berpasangan belum tentu mempunyai kelamin yang berbeda. Terkadang, Lovebird jantan bisa berpasangan dengan pejantan lainnya. Untuk pemula yang akan beternak lovebird biasanya sangat sulit untuk membedakan burung lovebird  mana yang jantan dan betina, bahkan seorang profesional pun terkadang masih bisa salah.Sekarang tidak perlu kwatir lagi karena saya akan beri tahu bagaimana ciri dari  kelamin betina.
  • Memiliki ukuran yang lebih besar daripada pejantan. Meski demikian, biasanya ukuran kepala betina sedikit lebih kecil.
  • Memiliki tulang panggul yang lebih lebar karena akan digunakan untuk bertelur.
  • Bentuk tubuh dari Lovebird betina biasanya lebih bulat dan terasa berisi.
  • Betina juga biasanya memiliki suara kekek yang lebih panjang.
6).Menyiapkan Makanan Agar Lovebird Cepat Bertelur
Agar Lovebird cepat bertelur,anda harus tingkatkan gizi pada makanan dan minuman harian pada Lovebird, seperti pemberian milet, biji sawi, Kenari seed, jewawut, jagung muda, kangkung, tauge, kwaci, tulang sotong, dan minuman vitamin lain-lain.Dan jangan lupa jaga kebersihan kandang.

Cara mengawinkan Lovebird jantan dan betina

Kalau sudah mengetahui dasar-dasar beternak Lovebird, kini saatnya Anda mengawinkan Lovebird. Bagaimana caranya? Anda cukup memasukkan Lovebird yang sudah dipastikan jantan dan betina ke dalam kandang ternak. Lalu, tunggu beberapa hari, sekitar 4 hari hingga 10 hari untuk melihat apakah Lovebird sudah bertelur atau belum.
1).Lovebird Saat Bertelur
Jika memang berjodoh, biasanya Lovebird betina langsung bertelur.Namun, tidak semua indukan mau mengerami telur. Ini yang menyebabkan telur tidak menetas. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa mendekatkan pasangan Lovebird lain yang sudah mau mengerami telur.
Soalnya suara erangan Lovebird betina yang sedang mengerami telur dapat memancing Lovebird yang lain untuk mengikutinya juga. Lovebird cuma didekatkan saja sangkarnya jangan dimasukkan dalam satu sangkar yang sama.Anda harus jeli
Lovebird yang sudah mau mengerami telur akan mengerami telur hingga 18-23 hari. Sebaiknya pada saat pengeraman, indukan Lovebird jantan dipisah dulu. Tujuannya agar Lovebird jantan tidak mengganggu Lovebird betina. Saat pemisahan ini, Anda juga bisa langsung menjodohkan indukan Lovebird jantan dengan indukan Lovebird betina yang lain.
Selain itu, selalu berikan makanan bergizi pada Lovebird saat proses pengeraman telur. Pakan Lovebird yang baik bisa berupa pelet ayam dicampur dengan bubur bayi. Anda juga harus memastikan bahwa Lovebird betina dalam keadaan vit, tapi jangan terlalu sering dibuka-buka atau diintip karena mitosnya dapat membuat telur Lovebird tidak menetas.
Perlu Anda ketahui lagi, Lovebird yang pertama kali bertelur, sebagian besar telurnya tidak menetas. Ini wajar karena Lovebird mungkin belum siap kawin dan mungkin karena beberapa faktor lain, di antaranya usia belum mapan, faktor lingkungan, serta faktor pakan. Namun, Anda tak perlu khawatir karena pada produksi kedua, biasanya telu
Beberapa faktor, di antaranya sebagai berikut:
  • Lovebird betina yang dikawinkan merupakan persilangan antara lovebird klep dan non-klep. Keturunan atau filial pertama (F1) dari hasil persilangan ini, atau biasa disebut semi-klep, sebagian besar telurnya bersifat infertil. Pada beberapa kasus, Lovebird betina semi-klep juga gagal menghasilkan telur.
  • Lovebird termasuk burung monomorfik seksual, atau penampilan Lovebird jantan dan betina terlihat mirip. Jadi, sangat dimungkinkan burung yang seolah-olah berjodoh adalah sama-sama berkelamin jantan. Maka dari itu, meski kita tunggu sampai bertahun-tahun pasti tidak akan pernah bertelur.
  • Penangkar tidak memiliki catatan mengenai umur induk, khususnya induk betina. Jika tidak mengetahui umurnya, sangat dimungkinkan burung betina yang digunakan belum mencapai umur dewasa kelamin, sehingga memang belum bisa bertelur. Sebagai ancar-ancar, pilihlah lovebird betina non-klep umur 5 – 7 bulan, atau lovebird klep umur 8 – 12 bulan, sebagai calon induk.
2).Saat Telur Lovebird Menetas
Penanganan saat telur Lovebird menetas biar dilakukan oleh indukan. Anda tunggu saja sampai anakan Lovebird keluar dari sarang. Setelah itu, Anda dapat melolohkan makanan ke Lovebird. Anda boleh meloloh Lovebird atau memisahkan anakan Lovebird dengan indukan?
r akan menetas. Nah, telur pertama Lovebird yang tidak menetas tadi sering dinamakan telur dara.
Anakan Lovebird baru dapat dipisah dari indukan pada usia 10 hari atau 2 minggu. Kalau sudah pisah, Anda harus memberikan pengawasan ekstra ke anakan Lovebird. Paling tidak, berikan lampu 5 watt sebagai penghangat tubuhnya.
3).Meloloh Anakan Lovebird
Cara untuk meloloh anakan Lovebird, sebaiknya Anda menggunakan suntikan yang besar agar Lovebird tidak tersedak. Suntikannya pun harus aman. Jarum suntik dilepas dulu, kemudian diganti dengan selang elastis seperti karet pentil.
Jenis makanannya.Menu makanan Lovebird bisa berupa makanan bayi yang telah diseduh dengan air hangat dan makanan bergizi lain yang lembut-lembut saeperti bubur kacang ijo.
Anda dapat meloloh anakan Lovebird berkisar 4 jam sekali. Lakukan hal ini setiap hari sampai anakan Lovebird bisa makan sendiri. Jika Anda ingin anakan Lovebird cepat jinak dan bisa diajak bermain, maka berikan perhatian ekstra, panggil namanya, serta ajaklah bermain di luar sangkar sambil belajar terbang.Kalau anda pengen lovebird untuk lomba berikan master suara bisa dari ponsel anda.
Demikianlah artikel saya tentang bagaimana cara beternak burung lovebird dengan mudah dan sukses dan dapat untuk usaha sampingan dengan hasil yang menggiurkan.Dan hal yang terpenting khususnya anda para pemula mungkin masih sedikit pengalaman dalam mengembang - biakkan burung lovebird.Untuk itu gunakanlah waktu senggang anda untuk bermain ditempat orang yang sudah berpengalaman dalam menagkarkan burung ini.Saling share antar peternak memang sangat penting dan sangat bermanfaat.Salam sukses saya “Ucraes”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Cara Mudah Ternak Lovebird dan Cepat Bertelur Untuk Pemula

Cara Mudah Ternak Kacer Sekaligus Menjinakan Kacer

Cara Merawat Ayam Bangkok Sang JAWARA