Cara Menanam Buah Naga Cepat Berbuah




Cara Menanam Buah Naga Cepat Berbuah
Cara menanam buah naga agar cepat berbuah.Menanam buah naga sangatlah mudah kita tinggal ambil cabangnya lalu kita tanam tetapi biar cepat berbuah sangatlah perlu kita ketahui,kebanyakan orang menanam buah naga tidak berbuah.Buah naga juga banyak sekali manfaat dan khasiatnya sehingga banyak sekali  orang maupun petani berinisiatif untuk menanam buah naga ini.Selain buah naga banyak sekali manfaatnya buah ini juga mudah untuk ditanam,dan buah naga dipasaran juga masih relatif mahal per bijinya berkisar Rp.30.000-Rp.40.000 perbijinya dan jarang ditemukan.Tidak seperti buah lainnya.
Buah naga juga bisa ditanam dihalaman rumah biasanya ditanam dipot,sekaligus untuk hiasan rumah karna buahnya yang unik,buah yang kulitnya bersisik seperti naga(ular).Buah naga juga dapat ditanam disawah atau kebun oleh petani jika ingin untuk bisnis karna harganya sangat bagus. seperti buah melon,nanas,pepeya,dan buah-buah lainnya yang bisa menghasilkan bagi petani,untuk hasil panen.

Cara Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah

Cara menanam buah naga sangatlah mudah bagi orang umum atau para petani,tetapi agar cepat berbuah harus kita ketahui.Cara menanam buah naga tidak membutuhkan tehnik-tehnik yang khusus,dibandingkan dengan penanaman buah lainnya seperti buah melon,buah semangka,pepaya kalivornia dan buah lainnya.Buah naga dapat ditanam  dihalaman rumah,jika ingin menikmati secara gratis dan tidak usah membeli buah naga dipasar.
Berikut ini cara menanam buah naga dengan memakai pot
1).Siapkan pot terlebih dahulu
Sebelum kita menanam buah naga kita mempersiapkan lebih dahulu pot yang akan digunakan untuk media tanam,kita pilih pot yang terbuat dari tanah liat ,kenapa kita memilih pot dari bahan tanah liat karna pot dari tanah liat lebih bagus dibandingkan dengan pot yang terbuat dari semen,atau plastik karna buah naga membutuhkan perubahan suhu yang sangat drastis dari siang ke malam untuk proses pembuangan,ukuran pot untuk menanam buah naga ,pakai pot yang lebih besar karna pot yang semakin besar lebih baik untuk proses perubahan suhu,ukuran pot minimal diameter 40cm.
2).Menyiapkan media tanam
Menanam buah naga sangatlah mudah kita bisa gunakan dengan menyiapkan pasir,tanah,pupuk kandang dan bisa juga pakai pupuk kandang perbandinganya adalah 2:1:3:1 setelah semua siap lalu kita siram pakai air sampai kondisi jenuh,lalu biarkan kurang lebih sehari semalam sebelum mulai penanaman..
Pemilihan dan penanaman bibit,Pemilihan bibit  inilah  yang sangat penting  bagi anda yang akan menanam buah naga,kita pilih bibit dari batang yang sudah besar  yang pasti sudah tua dan masih segar, tidak terkena penyakit,kita pilih yang sudah pernah berbuah setidaknya pernah berbuah sampai 3-4 kali.Karna ini sangat terpengaruh hasil produksi nya lebih cepat  tumbuh dan produksi buahnya  lebih banyak.Hal ini dikarenakan bibit yang diambil sangat subur dan produksi buahnya sangat banyak. Bibit buah naga  memiliki panjang  ideal 30 cm dan kemudian ditanam pada pot dengan kedalaman 10 cm.Berilah penompang sementara untuk menompang bibit yang baru ditanam biar tidak roboh,siram pakai air secukupnya, lalu letakkan pot diruang terbuka biar terkena sinar matahari secara  langsung.
3).Siapkan tiang panjatan.
Buat tiang panjatan untuk penompang menahan cabang-cabang,biar tidak roboh penompang tiang ini dibuat sekuat mungkin karna nantinya akan dililit oleh cabang-cabang buah naga pada saat penanaman pertama.Membuat tiang penompang bisa membuat dari kayu atau bambu,buat dengan bentuk persegi empat atau persegi panjang.
Cara Pemupukan Agar Tunas Buah Naga Cepat Tumbuh dan Panjang
Pemupukan harus dilakukan agar proses tumbuhnya tunas buah naga biar lebih cepat.Pupuk yang baik digunakan untuk penanaman buah naga adalah dengan pupuk kandang yang berasal dari kotoran kambing.
Anda  dapat menggunakan pupuk kemasan,tapi sebaiknya pilihlah yang mengandung unsur N lebih tinggi dari pada P dan K.
Masalah Yang Sering Terjadi Saat Penanaman Buah Naga
Biasanya kita sering menjumpai masalah saat menanam,atau budidaya buah naga,bisanya saat perawatan yang akan terjadi pembuahan.
Berikut ini beberapa masalah yang sering terjadi saat menanam atau merawat buah naga dan cara untuk mengatasinya.
  • Buah naga lama berbuah.
  • Saat berbuah selalu gagal karena busuk dan gugur.
  • Buah naga berbunga tapi tidak pernah jadi buah
  • Tunas atau batang buah naga pertumbuhanya lambat dan lama.

Buah Naga Agar Cepat Berbuah
Anda bisa melakukan pemupukan ketika buah naga sudah tumbuh dewasa.Dan pupuk yang baik adalah pupuk kandang yang berasal dari kotoran kambing. Jika anda  menggunakan pupuk kemasan, carilah pupuk yang memiliki unsur P lebih tinggi dari pada N.
Buah Naga yang Gagal Berbuah
Buah naga  sangat membutuhkan penyerbukan agar bunga dapat berbuah. Jika tidak ada lebah untuk  penyerbukan bunga, maka penyerbukan manual dapat dilakukan dengan cara mengawinkan bunga buah naga. Sedangkan untuk mengatasi busuk dan gugur pada bunga, maka dapat diberikan KNO3 saat mulai muncul bakal bunga.
Menggunakan Pupuk Kandang
Anda dapat  menggunakan pupuk kandang seperti kotoran kambing, sebaiknya gunakan pupuk kandang Menggunakan Pupuk Kandang yang Kering
yang telah kering atau matang.Biar lebih baik lagi jika pupuk difermentasi lebih dulu.
Sekarang Anda sudah memiliki tanaman buah naga di halaman rumah.Yang terpenting adalah melakukan perawatan menyirami,memupuk dan pemeliharaan tanaman buah naga agar dapat berkembang dengan baik,subur.
Yang harus Anda perhatikan adalah pemupukan, penyiraman dan pemangkasan cabang yang tidak diperlukan.Lakukan pengecekan dan  pastikan juga bibit buah naga menempel pada tiang penyangga dengan cara mengikatnya menggunakan tali rafia atau kawat. Jangan mengikat terlalu kencang agar tidak berpengaruh terhadap pertumbuhannya saat menjadi besar.
Penanaman buah naga yang dilakukan disawah atau  dikebun tidaklah jauh berbeda dengan cara penanaman didepan rumah atau dipot.Anda bisa mencobanya dengan cara-cara diatas.
Buah Naga juga mempunyai manfaat dan khasiat untuk mencegah penyakit 
                    Mencegah penyakit kanker.
                    Mencegah penyakit diabetes.
                    Berguna untuk kesehatan jantung.
Anda bisa mengkonsumsi  buah naga setiap hari karna buah naga mengandung Vitamin C nya yang baik untuk tubuh,yang merupakan salah satu antioksidan utama yang mampu mencegah rusaknya sel-sel  DNA  yang dipacu oleh radikal bebas yang merupakan terjadinya penyakit kanker.Dan dapat mencegah penyakit diabetes karna bisa menurunkan kolesterol jahat didalam tubuh dan menaikkan kolesterol baik jadi bagus untuk mencegah penyakit diabetes.Buah naga juga  dapat  berguna untuk kesehatan jantung ,karna dapat menurunkan kolesterol yang jahat dan menaikkan kolesterol yang baik dalam tubuh,buah naga juga mempunyai kandungan yang disebut.Phytochemical Captin yang baik untuk kesehatan jantung.
Demikianlah artikel saya tentang bagaimana cara menanam buah naga dengan mudah dan cepat berbuah hal yang terpenting khususnya anda para petani mungkin masih sedikit dalam menanam buah naga.Untuk itu gunakanlah waktu senggang anda untuk membaca-baca artikel tentang cara-cara menanam buah naga atau bermain ditempat orang yang sudah mahir dalam menanam buah naga .Saling share antar petani memang sangat penting dan sangat bermanfaat.Salam sukses saya “Ucraes”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Cara Mudah Ternak Lovebird dan Cepat Bertelur Untuk Pemula

Cara Mudah Ternak Kacer Sekaligus Menjinakan Kacer

Cara Merawat Ayam Bangkok Sang JAWARA