Cara Mudah Menanam Cabe Rawit Dari Biji Di Pot atau Polybag Biji Di Pot Atau Polybag



Cara Mudah Menanam Cabe Rawit Dari Biji Di Pot atau Polybag
Ada banyak cara menanam cabai rawit dari biji dipot atau dipolybag.Ada juga yang ditanam disawah,nah kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara menanam cabai rawit dari biji ke pot atau polybag.Persiapan yang baik sama dengan 50% tujuan sudah tercapai.Untuk mendapatkan hasil panen cabe rawit yang mudah dan hasil yang melimpah maka harus dimulai dari persiapan yang baik juga.
Berikut ini langkah awal untuk menanam cabe rawit :



Langkah-Langkah Awal Memilih Bibit Cabe Rawit
  1. Memilih benih cabai rawit yang baik tidak penyakitan.
  2. Menyemai benih cabai rawit
  3. Menanam bibit cabai rawit
  4. Merawat tanaman cabai awit
Langkah awal inilah yang pokok untuk penanaman cabai rawit didalam pot atau menggunakan polybag,dan dapat juga ditanam langsung dihalaman rumah.
Cara Membuat Benih Cabai Rawit Sendiri
Cara mudah untuk membuat benih cabai rawit.Sebenarnya ada cara praktis dalam menyiapkan benih cabe rawit,kita dapat membelinya ditoko pertanian terdekat,tapi untuk penanaman sendiri dengan skala kecil yang kita tanam dipot atau dipolybag.Kita bisa membuat benih cabai rawit sendiri
Dibawah ini cara membuat benih cabe rawit :
  1. Pilihlah bibit cabe rawit yang sehat,tidak penyakitan pilih yang lebih tua,jangan yang masih muda.Kita bisa mendapatkan dari toko sembako atau tukang sayur kelilingYang penting bibit yang berkwalitas.Agar nantinya tumbuh dan berbuah dengan baik juga.
  2. Langkah berikutnya setelah dapat bibit cabai rawit yang akan dibuat benih,kita bisa membelahnya,lalu kita ambil bijinya saja,kulit dan dagingnya kita buag,karna yang digunakan hanya bijinya saja.
  3. Setelah itu kita ambil mangkok atau gelas lalu diisi dengan air hangat lalu suam-suam kuku biar bersih.
  4. Langkah berikutnya siapkan bawang merah secukupnya,lalu bawang merah dihaluskan dengan menggunakan parut.Lalu campurkan bawang merah yang sudah halus tersebut ke dalam air hangat di dalam wadah tadi.
  5. Setelah cabai rawit direndam dengan air hangat yang tercampur dengan bawang merah tadi.Lalu kita diamkan sampai semalam.
  6. Paginya kita akan melihat benih cabai yang melayang dan ada yang tenggelam,nah kita bisa ambil yang tenggelam saja karna disitulah bibit yang baik.
Langkah berikutnya adalah menyemaian.Kenapa bibit cabai kok tidak langsung  dilakukan penanaman ? kalo langsung ditanam,bibit tidak bisa tumbuh dengan baik semuanya,dan kalo ditanam langsung banyak bibit yang akan mati.Jadi,salah satu tujuan menanam benih cabe di dalam persemaian ini adalah untuk mendapatkan tidak terkena penyakit.Selain itu juga kita bisa memastikan bibit cabe sudah cukup kuat untuk dipindah ke media tanam yang lebih besar.pertumbuhanya juga ebih subur dan tidak mudah terserang penyakit.
Untuk menyemai benih cabe rawit ada juga yang menggunakan cara-cara sebagai berikut ini:
  1. Menggunakan tisu  kita ambil beberapa lembar tisu lalu kita basahi tisu dengan air.
  2. Sebarkan beberapa biji cabe diatas permukaan kertas tisu yang sudah dibasahi dengan air..
  3. Tutup lembaran tisu yang berisi biji cabe  tadi lalu basahi lagi dengan air.
  4. Masukkan tisu tersebut ke dalam wadah / box plastik dan tutup rapat.
  5. Tunggu beberapa hari sampai biji cabe tersebut berkecambah.
  6. Pindahkan bibit cabe  yang telah tumbuh ke dalam media tanam seperti pot atau dengan polybag

Kita harus lebih teliti kalau misalnya kita mendapatkan bibit hasil dari membeli benih cabe impor mungkin bisa saja. Akan tetapi kalau anda membuat benih cabe sendiri mungkin anda bisa melakukanya cara yang lebih mudah dalam menanam benih cabe.
Berikut ini cara-cara mudah menanam benih cabe sendiri :
  1. Taburkan biji cabe yang anda punya ke dalam media tanam (bisa dalam polybag atau ke dalam pot), kemudian tutup dengan tanah tipis-tipis saja.
  2. Letakkan pot semaian cabe tadi di tempat yang terlindung dari cahaya matahari dan air hujan secara langsung.
  3. Siram setiap sore hari menggunakan air biasa.Dengan hati-hati biar biji tidak berantakan.
  4. Biasanya biji cabai akan kelihatan akan tumbuh setelah satu minggu.Setelahseminggu kita tunggu 2-3 hari,bibit cabe sudah mulai terlihat tumbuh berdiri
  5. Setelah bibit cabe tumbuh kita bisa memindahkan ke media tanam seperti pot atau polybag bisa juga dihalaman rumah


 

Cara menanam cabe Di Media Pot atau Polybag

Kita siapkan terlebih dahulu wadah dan media untuk menanam cabe,dengan diameter minimal kurang lebih 30cm.lalu isi wadah pot atau polybag dengan ukuran kecil-kecil,untuk menanam bibit cabai gunakan dengan campuran tanah gembur,sediakan juga pupuk kandang atau kompos,bisa dengan takaran menurut media tanam 1 banding 1.Pilihlah bibit cabe yang baik tentunya sehat tidak terkena penyakit,dan yang sudah tua,lepaskan plastik atau wadah penyemaian,jika anda sebelumnya menyemainya pakai polybag kecil-kecil.Dan bila menyemainya ditanah usahakan jangan sampai merusak perakaran,sertakan dengan tanah aslinya yang penting akar masih ketutup dengan tanah,lalu pindahkan bibit cabai tersebut pada media tanam dipot atau polybag yang lebih besar.Kalo bisa lakukan disore hari karna cuaca tidak terlalu panas biar bibit tidak layu.Lalu siram dengan air secukupnya penyiraman dapat dilakukan satu hari 2 kali saja pagi dan sore sampai benar-benar tumbuh subur.
Demikianlah artikel saya tentang bagaimana cara menanam cabe rawit dengan mudah dan cepat, anda mungkin masih sedikit berpengalaman dalam menanam cabe dalam pot atau polibag.Untuk itu gunakanlah waktu senggang anda untuk baca-baca artikel tentang cara-cara menanam cabe atau umbi-umbian.atau bermain ditempat orang seperti petani yang sudah pernah dalam menanam cabe dalam pot atau polibag .Saling share antar petani memang sangat penting dan sangat bermanfaat.Salam sukses saya “Ucraes”
   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Cara Mudah Ternak Lovebird dan Cepat Bertelur Untuk Pemula

Cara Mudah Ternak Kacer Sekaligus Menjinakan Kacer

Cara Merawat Ayam Bangkok Sang JAWARA